Kementerian Perdagangan prioritaskan peningkatan kesadaran konsumen

kementerian perdagangan (kemendag) mementingkan peningkatan kesadaran konsumen sebelum mencari ataupun membeli pilihan dan jasa dibanding memproses secara legal komplain konsumen.

kami tak begitu menekankan masalah pengaduan. masalah pengaduan tersebut nanti ingin berujung selama proses pengadilan juga itu hendak lama ceritanya, tutur wakil menteri perdagangan, bayu krisnamurthi, selepas peringatan hari konsumen nasional selama jakarta, sabtu (20/4).

kementerian perdagangan, menurut dia, lebih mengutamakan web peningkatan kesadaran pelanggan saat hendak mengkonsumsi koleksi ataupun toko layanan semisal membaca ketentuan serta kesesuaian koleksi juga jasa dengan janji produsen.

krisnamurthi melanjutkan konsumen indonesia miliki hak agar menolak pilihan barang serta jasa yang tak sesuai dengan janji-janji promosi.

Informasi Lainnya:

mereka (pelanggan) bersuara, kami mau fasilitasi serta ingin menyebutkan, perusahaan atau merek itu tidak pas 2012 dipublikasikan. pelanggan lain menjadi sadar dan tak menggunakan. tersebut justru lebih kuat dari cuma mengadu ataupun menuntut, tutur dia.

kemendag, lanjut dia, dan menggandeng sejumlah institusi ajaran, pendidikan, dan organisasi massa agar meningkatkan kesadaran konsumen.

ini (kesadaran konsumen) adalah suatu gerakan studi warga. kami masih mengenal apakah kesadaran ini perlu masuk di kurikulum ataupun tidak, kata dia.

bayu menambahkan kesadaran konsumen indonesia agar mencari serta mengikuti keputusan konsumsi dengan cerdas serta turut membuat ketahanan ekonomi dari perdagangan barang serta jasa impor.